Jajaran Laptop Bersertifikat Khusus Autocad 2015

Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel terdahulu (Spesifikasi Laptop untuk Autocad 2015). Laptop dengan sertifikat khusus Autocad memang merupakan laptop yang mempunyai spesifikasi khusus, namun memiliki kemampuan desain grafis yang luar biasa. Sayangnya, tidak semua merk laptop mengeluarkan laptop dengan spesifikasi seperti ini.AutoCad-logo

Berdasarkan penelusuran saya di halaman resmi Autodesk, tidak banyak merk laptop yang sudah mendapat sertifikasi khusus dari Autodesk. Di antara merk laptop tersebut adalah Dell, Lenovo, Fujitsu, HP, MSI dan Toshiba. Dan di antara merk-merk tersebut, hanya beberapa produk saja yang benar-benar dijual secara resmi di Indonesia.

Berikut ini adalah jajaran laptop workstation yang sudah mendapatkan sertifikasi dari Autodesk:

Lenovo : Thinkpad W540, Thinkpad W541 dan Thinkpad T540P.
MSI : MSI WS60, MSI WT72.
Toshiba : Tecra W-50A, Dynabook Satellite WS754.
Dell : DELL Precision M4800, DELL Precision M6700, DELL Precision M6800. Laptop Dell yang hanya bisa untuk Autocad 2015 LT (2D) : Dell Precision M2800, DELL Precision M3800.
HP : HP Zbook 15 G1, HP Zbook 15 G2, HP Zbook 17 G1, HP ZBook G2. Laptop yang hanya bisa untuk Autocad 2015 LT (2D) : HP Zbook 14, HP EliteBook 8570w 8AV.

Jajaran laptop di atas memang sudah memiliki sertifikasi dari Autodesk. Laptop di atas memiliki prosesor tingkat atas dengan grafik Nvidia Quadro atau ATI Firepro. Hanya laptop-laptop dengan font berwarna orange yang sudah tersedia di Indonesia. Dan harganya terbilang cukup mahal, namun sebanding dengan performanya.

Jika kita ingin menggunakan untuk pekerjaan desain yang lebih serius, maka tidak ada salahnya untuk memilih jajaran laptop tersebut. Namun jika kita melakukan pekerjaan desain hanya untuk hobi, maka lebih baik memilih laptop yang lebih bersahabat dengan kantong. Pada dasarnya, laptop konsumer pun tetap bisa menjalankan Autocad atau aplikasi desain grafis yang lain, namun dengan presisi dan kecepatan rendering yang pas-pasan.

Advertisements

30 thoughts on “Jajaran Laptop Bersertifikat Khusus Autocad 2015

    • Betul, gan. Secara sistem, itu sudah mendukung kinerja Autocad agar berjalan optimal. Tapi sertifikasi Autocad juga masih berkembang koq, gan. Jadi laptop yang belum dapet sertifikat Autocad, belum tentu jelek. Mungkin memang vendor laptopnya belum mendaftarkan ke Autodesk untuk mendapatkan sertifikasi.

      Like

    • Dual core yang mana dulu nih, gan? Soalnya i5 dan i3 juga secara fisik hanya memiliki 2 core (dual core), namun memiliki 4 thread (jalur) yang kinerjanya dianggap sebanding dengan prosesor 4 core. Tapi kalo dual core yang dimaksud adalah prosesor sebelum serie i, saya sarankan untuk memakai Autocad versi lama (versi sebelum 2010). Dan perlu diperhatikan juga, untuk menjamin performa, diusahakan prosesornya memiliki kecepatan di atas 3,0 GHz.

      Like

    • Kalo untuk sekedar memakai Autocad untuk tugas-tugas kuliah, nampaknya laptop biasa juga sudah bisa pak. Soalnya untuk kuliah kan tidak menggunakan data yang banyak dan tidak terlalu membutuhkan akurasi dan presisi yang terlalu tinggi. Saran saya, sebaiknya menggunakan versi Autocad 2010 atau yang lebih tua dari itu agar pemakaiannya tidak berat.

      Like

  1. pak saya ingin menanyakan laptop dgn spek bagaimana yg bs untuk desain rendering 3D , simulasi , animasi dan grafis ?? dan apa laptop asus seri X450JF kuat untuk desain rendering seperti 3DSmax dn autocad ataupun solidwork dan catia ??

    Like

      • ini gan lenovo idea pad s400 ->Laptop ini memiliki ulasan yang luar biasa dari pelanggan. Baik dari segi kinerjanya, berat laptop, ketebalan dan kualitas yang dibangun. Laptop ini dipersenjatai dengan prosesor Core i3 berkecepatan 1,8 GHz, RAM 4GB dan penyimpanan hard disk berkapasitas 500 GB. Spesifikasi ini cukup baik untuk mengelola berbagai kegiatan komputasi ringan dan menengah untukharga kisaran 5 juta dan datang dengan Windows 8.1 pluslayar sentuh.

        Like

  2. ini gan lenovo idea pad s400 ->Laptop ini memiliki ulasan yang luar biasa dari pelanggan. Baik dari segi kinerjanya, berat laptop, ketebalan dan kualitas yang dibangun. Laptop ini dipersenjatai dengan prosesor Core i3 berkecepatan 1,8 GHz, RAM 4GB dan penyimpanan hard disk berkapasitas 500 GB. Spesifikasi ini cukup baik untuk mengelola berbagai kegiatan komputasi ringan dan menengah untukharga kisaran 5 juta dan datang dengan Windows 8.1 pluslayar sentuh.

    Like

    • Pake autocad versi lama aja, gan. Versi yang lebih tua dari versi 2010. Aman kalo agan cuma pake autocad untuk data-data sederhana. Kalo datanya banyak dan kompleks, mending cari laptop khusus workstation.

      Ane pake Asus N46VZ, spec prossesor i5 2,5 GHz, VGA GT650M, RAM 8GB. Pake Autocad 2010 agak lemot. Apalagi kalo datanya udah banyak.

      Like

      • oh gitu.. ini buat belajar adek gak dia skolah arsitek,. mungkin bisa ya gan?
        kalo laptop punya agan berapaan harganya?

        Like

      • Oh kalo cuma buat belajar kayanya bisa2 aja. Pake Autocad yang versi lama aja.

        Laptop ane udah ga keluar lagi gan. Laptop jadul. Dulu sekitar 8 jutaan. Tapi udah ga ada. Proc masih generasi 3, VGA nya aja masih seri GT600an.

        Sekarang udah seri GT900an. Proc udah generasi 6.

        Like

  3. mau tanya, menurut admin mana yang lebih bagus cocok buat autocad. laptop lenovo tipe G40-80 prosesor AMD A8-6410 quad core ram 4 Gb. atau lenovo tipe AMD A6-Quad core ram 2 gb

    Like

  4. Permisi Agan2x,,saya lagi nyari laptop i5 untuk kuliah sama untuk kerja juga,,kira2x spek laptop i5 apa yach yg harga max 6,5 juta yg bisa autocad 2D tapi untuk gambar2x mesin misalnya,,pokonya agak rumit dikitlah,,terimakasih infonya.

    Like

  5. Gan mau nanya.. laptop asus x550jx bagus gak buat autocad 2010 atau 2015.. udah ane upgrade jadi spek nya: intel i7 ram 8gb vga nya gtx 950 4gb gddr 3.. mohon bantuannya yah gan..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s