Fenomena Xiaomi : From Zero to Guinness World Record

Siapa yang saat ini tidak tahu Xiaomi? Sebuah merk smartphone yang mengusung spesifikasi tingkat tinggi namun tetap dengan harga bersahabat ini, kini semakin populer saja di kalangan pengguna smartphone di dunia, termasuk Indonesia. Hanya kurang dari lima tahun sejak berdiri pada tahun 2010, Xiaomi sudah menjelma sebagai 5 merk smartphone dengan penjualan terbanyak di dunia. Bahkan berita terakhir menyebutkan bahwa Xiaomi telah memecahkan sebuah rekor penjualan dan mencatatkan namanya di Guinness World Record.

Logo Xiaomi. Logo telah dimanipulasi di atas permukaan kayu. (antyweb.pl).

Logo Xiaomi. Logo telah dimanipulasi di atas permukaan kayu. (antyweb.pl).

Jika kita flash back beberapa tahun silam, sebagian orang mungkin tidak mengetahui keberadaan merk smartphone yang bernama Xiaomi. Dilihat dari namanya, orang pasti sudah akan bisa menebak bahwa smartphone ini berasal dari China. Awalnya orang mungkin akan menganggap Xiaomi sebagai smartphone yang murah dengan kualitas biasa. Anggapan tersebut memang ada benarnya, namun tidak sepenuhnya benar.

Anggapan bahwa semua hal yang berhubungan dengan China pasti berkualitas jelek adalah salah. China merupakan negara pusat perakitan berbagai macam alat elektronik merk ternama dunia. reputasi China sebagai pusat kegiatan produksi eletronik, termasuk smartphone, sudah tidak boleh dipandang sebelah mata. Merk-merk ternama seperti Samsung, Motorola dan Iphone merakit smartphone mereka di china.

Tidak mau hanya dijadikan sebagai tempat perakitan, China ternyata telah melahirkan beberapa produsen lokal yang siap bersaing di pasar smartphone secara global. Bahkan beberapa diantaranya seperti Oppo, Lenovo, ZTE dan Huawei sudah memiliki reputasi bagus di pasaran dunia. Dan belakangan, nama Xiaomi juga ikut masuk ke jajaran perusahaan China dengan reputasi mendunia, dengan waktu sekejap dan beberapa prestasi yang mencengangkan.

Sejarah Perkembangan Xiaomi

Lei Jun, Founder and CEO Xiaomi, (blog.blouinnews.com. Foto asli diambil oleh Jason Lee/Reuters, 2013).

Lei Jun, Founder and CEO Xiaomi (blog.blouinnews.com. Foto asli diambil oleh Jason Lee/Reuters, 2013).

Xiaomi didirikan di China pada bulan April 2010 oleh Lei Jun (Ex-CEO Kingsoft) beberapa pengusaha lainnya. Pada awal-awal operasional, Xiaomi memperoleh pendanaan dari beberapa investor besar seperti Temasek Holding (BUMN-nya Singapura), IDG Capital and Qiming Venture Partners (China), dan perusahaan prosesor mobile paling ternama, Qualcomm. Pada Agustus 2010, Xiaomi telah meluncurkan firmware berbasis Android yang dinamakan MIUI.

Pada Agustus 2011, Xiaomi meluncurkan smartphone pertamanya yang diberi nama Mi1 (Mi One). Tidak tanggung-tanggung, Xiaomi membenamkan prosesor Qualcomm Snapdragon dual-core 1,5 GHz ke dalam Mi One. Sebuah prosesor yang diyakini sebagai prosesor mobile tercepat pada waktu itu. Dan hebatnya lagi, spesifikasi mumpuni yang dimiliki Mi One ditawarkan ke pasar dengan harga yang sangat murah.

Hingga saat ini, Xiaomi telah berhasil meluncurkan berbagai macam jenis smartphone yang terbagi ke dalam dua seri yang berbeda, yaitu:

  • Xiaomi Mi : Mi1 (2011), Mi1S (2012), Mi2 (2012), Mi2S (2013) , Mi2A (2013), Mi3 (2013), Mi4 (2014).
  • Mi Note : Mi Note (2015), Mi Note Pro (2015), Mi Note Plus (2015).
  • Xiaomi Redmi : Redmi 1 (2013), Redmi 1S (2014), Redmi Note 4G (2014), Redmi 2 (2015).

Pada tahun 2013, Hugo Barra (Ex-Google Executive) direkrut oleh Xiaomi sebagai Vice President. Perekrutan ini menjadi petanda bahwa Xiaomi sudah mulai bersiap untuk melakukan ekspansi ke luar negeri. Ekspansi yang pertama kali dilakukan adalah melakukan penjualan di negara sekitar seperti Hongkong dan Taiwan.

Hugo Barra, Xiaomi Vice President of International. (digit.in)

Hugo Barra, Xiaomi Vice President of International. (digit.in)

Pada awal tahun 2014, Xiaomi membuka kantor resmi di Singapura. Pendirian kantor ini menjadi petanda bahwa Xiaomi sudah mulai melirik pasaran di Asia Tenggara. Keputusan Xiaomi untuk membuka kantor di Singapura akhirnya berbuah manis. Smartphone buatan mereka laris manis di negara tersebut. Kemudian Xiaomi melanjutkan ekspansinya ke Malaysia, Filipina, India dan hingga akhirnya sampai juga ke Indonesia pada bulan Agustus 2014.

Pada tahun 2015, Xiaomi berencana untuk menancapkan kukunya lebih dalam di India, dengan target yang tidak main-main: mengalahkan dominasi Apple dan Samsung. Setelah itu, Xiaomi sudah mulai melirik ke pasaran Brazil, Rusia, Amerika dan Eropa (Kristijan Lucic/androidheadline).

Peningkatan Angka Penjualan yang Begitu Signifikan

Xiaomi Mi1 menawarkan sebuah paket smartphone dengan spesifikasi tinggi dan harga yang sangat murah. Dengan dua komposisi tersebut, kehadiran smartphone ini berhasil menyedot perhatian banyak orang di China. Pada awal peluncurannya, smartphone ini berhasil menerima 300.000 pre-order dalam waktu hanya 34 jam.

Pada tahun-tahun berikutnya, Xiaomi telah berhasil menciptakan beberapa smartphone penerus yang masih dengan filosofi yang sama, yaitu mengusung smartphone dengan spesifikasi tinggi, namun dengan harga yang tetap terjangkau.

Angka penjualan pun meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2012, Xiaomi telah berhasil menjual sebanyak 7,2 juta unit smartphone. Pada tahun ini, Xiaomi sudah mulai menyita perhatian dunia. Pada tahun 2013, para pengguna smartphone dari berbagai penjuru dunia sudah mulai melirik smartphone besutan Xiami tersebut. Meskipun belum secara resmi meluncurkan versi internasional, namun Xiaomi sudah banyak dipesan oleh pecinta smartphone dari penjuru dunia. Angka penjualan pun berhasil meningkat secara signifikan. Sebanyak 18,7 juta unit smartphone telah berhasil dikapalkan ke seluruh penjuru dunia.

Angka penjualan smartphone skala global. Xiaomi mulai masuk ke jajaran 5 besar (marking hijau) smartphone dengan penjulan terbaik sejak kuartal kedua tahun 2014. (diambil dari berbagai sumber).

Angka penjualan smartphone skala global. Xiaomi mulai masuk ke jajaran 5 besar (marking hijau) smartphone dengan penjulan terbaik sejak kuartal kedua tahun 2014. (data diambil dari berbagai sumber).

Mimpi besar Xiaomi untuk menjadi pemain besar smartphone secara global nampaknya hampir terwujud. Pada tahun 2014, penjualan smartphone ini jauh melejit meninggalkan catatan penjualan di tahun-tahun sebelumnya. Hugo Barra mengklaim bahwa pada tahun 2014 Xiaomi berhasil melakukan penjualan sebanyak 61 juta unit smartphone.

Angka yang diperoleh pada tahun 2014 tersebut berhasil menempatkan Xiaomi ke dalam 5 besar jajaran produsen smartphone terbesar di dunia. Xiaomi memperoleh angka penjualan global sebanyak 4.9% dan hanya kalah dari produsen smartphone besar lainnya seperti Samsung, Apple, Huawei dan Lenovo. Meskipun hanya berada di peringkat 5, namun Xiaomi layak berbangga diri karena telah berhasil mengalahkan pemain-pemain lama seperti Sony dan LG.

Mencatatkan Nama Xiaomi di Guinness World Record

Nama Xiaomi ternyata tidak hanya menggegerkan dunia dengan prestasi penjualannya yang melejit begitu cepat. Pada 9 April 2015, Guiness World of Record telah mengumumkan bahwa Xiaomi telah memecahkan rekor penjualan smartphone.

Jajaran Direksi Xiaomi sedang menunjukkan piagam dari Guinness World Record. (gizchina.com.

Jajaran Direksi Xiaomi sedang menunjukkan piagam dari Guinness World Record. (gizchina.com).

Guinness World Record telah mengkonfirmasi bahwa Xiaomi telah berhasil melakukan penjualan sebanyak 2,1 juta unit smartphone (2.112.010 unit) hanya dalam waktu 24 jam dan hanya dilakukan dengan metode penjualan online. Luar biasa! Sebuah awal yang sangat baik untuk Xiaomi di awal tahun 2015.

Catatan penjualan smartphone 2,1 juta unit dalam waktu 24 jam ini hakekatnya masih kalah dengan catatan yang diukir oleh Apple, yaitu 4 juta unit dalam jangka waktu yang sama. Namun, Guinness mencatatkan nama Xiaomi sebagai pemegang rekor hanya untuk satu metode penjualan, yaitu dengan penjualan online. Sedangkan angka 4 juta yang berhasil dicapai oleh Apple merupakan hasil penjualan yang dilakukan dengan dua metode, yaitu metode online dan metode fisik melalui toko-toko retail. (Jason Hall/Digital Trend).

Target Xiaomi di 2015

Apakah pencapaian rekor di awal tahun 2015 ini akan menjadi petanda bagi Xiaomi untuk kembali menembus lima besar produsen smartphone dengan angka penjualan tertinggi? CEO Xiaomi, Lei Jun menyatakan bahwa tahun ini, Xiaomi merasa siap untuk menjadi penantang serius untuk Apple Iphone dalam hal angka penjualan.

Apakah tantangan Lei Jun akan menjadi kenyataan atau hanya sebagai gertakan sambal semata? Mengingat angka penjualan Apple pada tahun 2014 (15,78% global) memiliki jumlah 3 kali lebih besar dari angka penjualan Xiaomi di tahun yang sama (hanya 4,91% global). Pepatah lama mengatakan bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.

Dengan pencapaian Xiaomi di awal tahun 2015, rasa-rasanya peluang Xiaomi untuk menjadi penantang serius akan semakin terbuka. Dan Xiaomi sepertinya tidak main-main. Jika target ekspansi ke berbagai negara seperti Asia Tenggara, Russia, Brazil, Amerika dan Eropa tidak ada kendala berarti, peningkatan angka penjualan di 2015 sepertinya bukan hal yang tidak mungkin.

Demikian ulasan mengenai Xiaomi dari saya, semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk siapa pun yang membacanya.

Sumber: Gizchina, Detik, Guinness World, Wikipedia, digitaltrend, Androidhadlines.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s