Plus Minus Berbelanja Online

Dengan akses internet yang semakin mudah dan murah, kini internet bukan lagi menjadi barang yang mewah. Siapa pun bisa menikmatinya. Dengan internet, segalanya bisa mudah, hanya dengan sekali klik, semuanya bisa diselesaikan. Dimulai dari pembayaran tagihan listrik, membuat pasport, membeli tiket, booking hotel, hingga berbelanja dengan menggunakan toko online. Semuanya serba instan dan cepat.

Berikut ini saya akan membahas salah satu kemudahan yang diberikan oleh internet, yaitu belanja online. Berbelanja online memang menyenangkan. Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa kita akan merasa lebih menyenangkan berbelanja di toko online:

Praktis. Dengan hanya duduk di depan laptop, kita bisa membeli barang yang kita suka tanpa harus pergi ke lokasi toko konvensional.

Kebebasan dalam memilih. Tidak sedikit teman saya yang mengatakan bahwa mereka merasa tidak nyaman ketika harus diikuti oleh penjaga toko/stand ketika mereka melihat-lihat barang di toko konvensional. Apalagi kalo cuma liat-liat doank. Di toko online, kita bisa bebas memilih barang yang kita suka tanpa harus diikuti dan ditanya macem-macem oleh penjaga toko.

Harga yang bersaing. Kita bisa melihat beberapa situs toko online yang menawarkan harga yang bersaing, bahkan bisa lebih murah dari barang-barang yang dijual di toko konvensional. Di internet, kita bisa secara bebas mencari harga terbaik untuk barang yang kita butuhkan, tanpa harus cape-cape jalan kaki mampir dari satu toko ke toko yang lain.

Proses pencarian mudah. Seringkali kita cape-cape keliling dari satu toko ke toko yang lain, dan ternyata barang yang kita cari tidak ada. Bagi yang hobby belanja pasti pernah mengalami pengalaman yang seperti itu. Dengan belanja online, pengalaman itu tidak akan terjadi lagi. Tinggal ketik nama barang yang kita cari, lalu klik search. Maka akan langsung muncul di layar apakah barang yang kita butuhkan tersedia atau tidak.

Metode pembayaran yang tidak rumit. Cukup dengan mempunyai akun internet banking, kita bisa melakukan transaksi apa pun lewat internet. Tinggal pilih barang yang ingin kita beli, lalu masukan nomer rekening yang kita punya, maka pihak bank akan secara otomatis mendebit sejumlah uang sesuai dengan nominal yang tercantum dalam perjanjian jual beli. Tidak punya akun internet banking? Tidak perlu risau. Kita masih bisa berbelanja online dengan melakukan transfer ke ATM terdekat.

Berbelanja dengan metode online memang mudah dan menyenangkan. Tapi, belanja mudah bukan berarti tidak ada resiko. Berikut ini beberapa point yang harus selalu saya perhatikan dalam berbelanja online:

Banyak penipuan. Berbelanja online, harus pinter-pinter milih toko yang bener-bener bisa dipercaya. Dengan kemudahan internet, resiko penipuan dalam internet juga banyak. Gelagat orang yang berniat berusaha dengan menjalankan bisnis niaga dengan gelagat orang yang berniat menipu pasti beda.

Barang cacat atau tidak sesuai dengan pesanan. Belanja konvensional memang ribet. Tapi dengan belanja di toko konvensional, saya masih bisa memeriksa secara langsung, apakah barang yang akan dibeli memang berkualitas bagus atau abal-abal. Belanja online memang lebih beresiko. Karena sifatnya online, maka saya tidak bisa melihat barangnya secara langsung. Pilihlah toko online yang mempunyai kredibilitas dan pelayanan yang bagus. Sebuah toko yang mempunyai niat bisnis serius dalam jangka yang panjang pasti akan menjaga kepercayaan pelanggannya.

Barang rusak saat proses pengiriman. Banyak orang yang merasa kesal karena barang yang mereka beli rusak saat pengiriman barang. Dua hal yang membuat barang mudah rusak saat pengiriman: proses pengepakan yang kurang rapi dan perusahaan jasa pengiriman yang kurang profesional. Pilihlah toko online yang mempunyai kebiasaan pengepakan yang rapih dan tahan guncangan, serta sudah kerjasama dengan perusahaan jasa pengiriman yang bagus. Berdasarkan pengalaman saya berbelanja online, JNE adalah jasa pengiriman yang mempunyai pelayanan paling memuaskan.

Waktu pengiriman molor. Berdasarkan keluhan yang saya kumpulkan dari beberapa orang yang melakukan transaksi online, kasus ini adalah hal yang paling sering terjadi. Jika sedang buru-buru ingin memakai barang dari toko online, sebaiknya perhatikan baik-baik estimasi waktu pengirimannya. Cek juga mitra jasa pengirimannya. Apakah perusahaan jasa pengirimannya mempunyai reputasi pengiriman atau tidak. Seperti point di atas, perusahaan jasa pengiriman yang masih memuaskan di mata saya adalah JNE. Saya biasanya berfikir dua kali untuk belanja online jika tidak memakai jasa pengiriman JNE.

Seperti itu lah lika-liku dalam berbelanja online. Segala sesuatunya pasti ada plus minusnya. Tinggal dikembalikan ke masing-masing orang untuk memilih mana yang paling baik. Jika kita ingin belanja aman dan memastikan barang yang kita pesan sesuai dengan apa yang kita harapkan, belanja di toko konvensional lah pilihannya. Namun jika kita ingin praktis, tanpa harus repot-repot datang ke tempat jualan, maka toko online lah jawabannya.

Advertisements

One thought on “Plus Minus Berbelanja Online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s