Asus N46VZ: Teman Terbaik saat Bekerja dan Bermain

Main Galery
Notebook Asus

Mengenang memori satu setengah tahun yang lalu, di akhir tahun 2012, tepatnya bulan oktober 2012, ketika notebook ku yang lama sudah mulai usang masih berada di sisiku. Yup, notebook model jadul itu ternyata sudah minta untuk diganti. Berat rasanya kalau harus berpisah dengan notebook kesayanganku yang satu itu. Notebook itu sudah lebih dari 4 tahun setia menemaniku, di saat-saat serius mengerjakan skripsi dan tugas akhir, serta waktu-waktu santai nonton film, nge-game, waktu-waktu penting mengerjakan tugas-tugas kantor. Apa mau dikata, notebook itu memang sudah semakin rewel, sering mati sendiri, teknologinya juga sudah semakin tertinggal. Mau tidak mau, akhirnya aku memutuskan untuk mengganti dengan notebook yang baru.

Berniat membeli notebook baru, aku tak mau begitu saja percaya dengan kata-kata manis marketing. Aku bertanya kepada teman-teman sesama almamater, membaca review di halaman-halaman web lain, dan akhirnya aku baru tahu kalau banyak temen-temen almamaterku yang memakai notebook ASUS. Review-review yang ku dapatkan dari web-web di internet juga menunjukkan kesan positif. Banyak konsumen yang merasa puas dengan produk notebook yang ditawarkan oleh Asus. Berdasarkan review dan rekomendasi temen-temen yang memang sangat mengerti betul dengan teknologi komputer, akhirnya aku tidak ragu lagi untuk membeli notebook ASUS.

Notebook N46VZ
Notebook N46VZ

Bermodalkan budget pas-pasan, aku bermimpi untuk mendapatkan notebook murah, tapi dengan spesifikasi yang bisa diajak bermain game berat keluaran terbaru. Akhirnya aku melangkah menuju BEC (Bandung Electronic Centre), pusat penjualan barang-barang elektronik di Bandung, terlengkap dengan harga yang bersaing. Berbagai merk notebook terpampang di jejeran etalase pertokoan. Aku iseng-iseng bertanya dan membandingkan berbagai merk notebook dengan processor dan VGA yang gahar, ternyata harganya di atas 10 jutaan. Akhirnya aku menemukan notebook spesifikasi gahar dengan harga di bawah 10 juta. Dialah ASUS N46VZ. (Baca: Mengenal Segmentasi pada Asus Terbaru)

Notebook Specification
Notebook Specification

Asus N46VZ punyaku dijalankan dengan processor mumpuni Intel i5-3210M dengan clock 2.5GHz, 4 Gb DDR3 RAM, kapasitas hardisk 750 Gb dengan kecepatan 7200 RPM, dan didukung dengan grafik VGA terbaik di kelasnya waktu itu, Nvidia GeForce GT 650M 2 Gb. Dan satu hal lagi yang bikin aku puas adalah audio-nya. Dengan Buit-in speaker dari Bang & Alufsen Icepower, suara yang dikeluarkan begitu dinamis dan natural. Semua persenjataan itu dibalut dengan desain body yang elegan dengan bahan premium. Perfect! Begitu membelinya, dengan spesifikasi dan harga yang ditawarkan, aku merasa puas dengan apa yang sudah aku dapatkan. Ini adalah pembelian notebook terbaik yang pernah ku lakukan.

Specification by Nvidia GeForce Experience
Specification by Nvidia GeForce Experience

Setelah setahun lebih memakai laptop ini, banyak kelebihan yang telah aku rasakan manfaatnya. Teman-temanku pun mengakui keunggulan dari laptop yang ku miliki ini. Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh laptop ASUS N46VZ yang membuat saya jatuh cinta dengan laptop ini:

  • Dengan spesifikasi yang gahar, laptop ini mampu menjalankan aplikasi-aplikasi  dasar yang dipakai sehari-hari seperti Ms. Office 2013, Windows Media Player, Adobe Reader, mozilla, dsb. dengan sangat lancar. Aplikasi khusus sesuai pekerjaanku seperti Autocad 2013, Surpac, Photoshop CC, CorelDraw X6, dsb. mampu dijalankan dengan lancar. Bahkan tetap lancar ketika beberapa aplikasi tersebut dijalankan secara bersama-sama.

  • Perpaduan processor i5-3210M dengan diperkuat oleh grafik Nvidia GT650M mampu memberikan pengalaman bermain game-game berat dengan lancar dan tanpa lag sedikit pun. Siapa yang tidak kenal dengan game Tomb Raider keluaran Square Enix tahun 2013? Atau Pro Evolution Soccer 2013 dari Konami, Assasins Creed III dan IV, Far Cry 3, Call of Duty Black Ops II, Batman Arkham Origin, Crysis III? Game-game populer dengan desain grafis yang detail dan menawan tersebut mampu dijalankan dengan lancar oleh laptop ini.

Assasins Creed III Screenshoot
Assasins Creed III Screenshoot (Asus N46VZ)
Far Cry 3 Screenshoot
Far Cry 3 Screenshoot (Asus N46VZ)
  • Dengan Buit-in speaker dari Bang & Alufsen Icepower, suara yang dikeluarkan oleh notebook ini begitu dinamis dan natural. Dengan AMP yang sesuai dan file-file audio dengan bit-rate yang tinggi, suara yang dikeluarkan begitu jernih. Efek suara akan semakin terkesan 3D ketika Asus menyediakan subwoofer tambahan untuk notebook ini. Bagi para penikmat musik, pasti akan merasa nyaman dengan kualitas audionya. Begitu juga dengan kualitas suara ketika menonton film. Sangat cocok dipakai untuk nonton film ramai-ramai. Efek suara yang dikeluarkan oleh notebook ini sangat mengena sekali dengan adegan film yang divisualisasikan.
Subwoofer tambahan dengan jack khusus di bagian kanan belakang.
Subwoofer tambahan dengan jack khusus di bagian kanan belakang.
  • Desain notebook ini dikemas dengan gaya yang stylish dan elegan, didukung dengan bahan baku premium, merupakan kombinasi yang pas sehingga notebook ini terlihat begitu mewah dan terkesan mahal. Lubang sirkulasi yang terletak di sisi kiri laptop juga menambah nilai plus dari desain notebook ini sehingga tidak cepat panas. Yang paling berkesan adalah desain keyboard yang dilengkapi dengan backlight yang bisa membantu kita untuk tetap bisa berkembang dalam kondisi gelap.
Desain titik-titik lubang built-in speaker yang menawan dan backlight pada keyboard.
Desain titik-titik lubang built-in speaker yang menawan mengelilingi tombol power dan backlight pada keyboard.
  • Keunggulan yang paling utama adalah harga. Dengan segala kelebihan di atas, ternyata notebook Asus ini dijual dengan harga yang relatif murah. Dengan membandingkan spesifikasi yang sama pada merk yang berbeda, Asus adalah juaranya sebagai notebook dengan harga paling bersahabat.

Kelima hal diatas merupakan kelebihan-kelebihan utama dari notebook Asus N46VZ yang membuat aku terkagum-kagum. Masih banyak lagi kelebihan notebook ini yang tidak bisa ku jelaskan secara rinci di artikel ini. Satu setengah tahun memiliki notebook ini mampu membuatku melupakan notebook kesayanganku yang dulu. Dengan membandingkan harga dan performanya, aku menilai notebook ini sangat worthed banget. Uang yang ku keluarkan langsung terbayar lunas oleh performanya yang menawan. Ini adalah pembelian notebook terbaik yang pernah ku lakukan.

Notebook ASUS memang yang terbaik
Notebook ASUS memang yang terbaik

43 thoughts on “Asus N46VZ: Teman Terbaik saat Bekerja dan Bermain

  1. dulu saya pake laptop asus juga. . tapi karena kepepet jadi saya jual. . . .dan sekarang ehhh nyesel sendiri. . cari laptop dengan spesifikasi yang sama namun bukan keluaran asus harganya jauh lebih mahal. . akhirnya kini saya gak punya laptop.

    Like

  2. sebenernya lagi pengen beli komputer dekstop bukan nya laptop,, tapi tau merk ASUS bagus jadi punya rekomendasi buat beli komputer dekstop merk ASUS juga… terima kasih buat artikel nya…

    Like

  3. yang saya tahu, dan saya perhatikan, kelemahan asus adalah, telat launching…tapi dibalik “telat”nya, saya yakin, itu adalah strategi, cz, mungkin lebih kepada pengujian yang benar2 lama, sehingga, ketika launching, menghasilkan produk yang selalu jadi juara di kelasnya…Itu sih yang saya perhatikan, tidak seperti merk Awas CEpet Rusak…
    laptop keluaran branded tsb, sering lebih dulu mengeluarkan produk, akan tetapi, speknya sering kali menyesuaikan pelanggan…
    Padahal, yang saya tahu, Pelanggan itu, sering salah, sesering mereka benar…..
    Pendek kate, asus, mengeluarkan produk yang di “butuh” kan oleh pelanggan, bukan mengeluarkan produk yang di “Inginkan” oleh pelanggan…
    Lihat saja dari sisi spek, seringkali si merk Awas CEpet Rusak, kasih prosesor Corei3, tapi teman2nya (spt vga, ram, dll) gak mengikuti…jadi ibarat masakan, yang paling di inginkan oleh pelanggan adalah “manis”, maka si merk tersebut akan membuatkan “masakan” dengan gula sebanyak2nya, sedangkan, bahan yang lain tidak dipedulikan, yg penting bisa jalan…dan laku, selesai…makanya, berhubung gak imbang, berimbas pada, durability dari produk merk tsb gak lama…
    makanya dapet gelar Awas CEpet Rusak…
    sedangkan asus, rahasia yang saya dapatkan adalah, speknya selalu seimbang antara yang satu dengan yang lainnya…sehingga, tidak ada hardware yang bekerja berat yang berujung pada adanya “sinergi”
    Mantabb benar ulasannya om…ane perlu belajar banyak nih…

    Like

  4. saya beli laptop ini juga mas…
    buat games ok …game yang saya pernah mainkan…crysis 3 (ultra tapi setting msxnya diturunin), assasin creed iv, fifa 14, dll
    pernah beberapa kali ada yg error…seperti lcd, keyboard tapi dibawa ke asus center langsung diganti (masih garansi) layanan purna jualnya bagus enggak neko neko ada trouble langsung order kantor pusat datang spare part langsung pasang dan ok

    Like

    1. Wah oke juga ya service senternya. Hampir dua tahun pemakaian, laptop saya alhamdulillah ga pernah ada masalah soal hardware. Akhir-akhir ini sih agak sering panas. Soalnya udah jarang dibersihin lubang sirkulasi udaranya. Untuk maen Assasins Creed IV lancar-lancar aja, cuma ya itu. Kalo kelamaan maen masih sering panas. Tapi secara umum sih masih termasuk memuaskan lah….

      Like

  5. numpang nanya mas..kalo punya saya malah diajak ngegame puanas bgt, trus kalo lg rendering jg panas. pernah sekali (aku pergi, dari jakarta ke surabaya.. hegheg) setelah selesai render, laptop sy lgsg KO, alhasil bawa k sevis center lgsg ganti semua jeroannya (masih garansi), setelah itu sy ga berani lagi maksain buat kerja “keras” lagi kecuali udah kepepet bnr, itu juga saya bantu kipas angin (kalau lg g d ruang berAC). apa punya mas begitu juga?(panas)..lapy sy seri N46V i7..trims..

    Like

    1. Wah kebetulan saya ga pernah kejadian kaya mas. Kalau untuk pemakaian sehari-hari, saya termasuk orang yang kejam ma laptop. Sering berhari-hari ga pernah dimatiin sama sekali. Kadang kalo buat maen game berat kelamaa macem Assasins Creed IV ma COD Black Ops 2, emang suka panas nih laptop. Tapi ga pernah lag ato mati gitu.
      Saya pake N46VZ yang i5 mas. Selama dua tahun pemakaian alhamdulillah ga pernah ada masalah dengan hardware.

      Like

  6. gan ane butug subwoofer nya, soalnya laptop ane juga sama kayak gini tapi jack subwoofer nya patah di dalam 😦 mau cari subwoofernya dimana ya ? ada yang bisa bantu?

    Like

  7. kenal asus gara gara dulu ngrusakin laptop temen,begitu beli buat nge ganti laptop itu,pas liat spek spek nya jadi ngiler sendiri. dari pertamaa nge blog sampe bikin http://peluangusahakulinerterbaru.com pake 1 laptop,asus! yah walaupun sekarang udah agak kurang nyaman dipake,tpai lumayan lah udah nemenin aku nulis selama 4 tahun. asal rutin perawatanya juga bakal awet.
    bagi dikit tips perawatan asus deh ya.
    1.keyboard yang rutin dibersihin,jangan sampe ada debu yang betah disela sela tuts.
    2. kl mau pake lama mending cabut batere,langsung colok charger,jangan lupa pake cooller.
    3.(bagi yg ngerti) 3 bulan sekali bongkar tuh laptop,check kali aja ada yg mulai trouble,
    4.sesuaikan OS sama spek laptop masing masing,jangan maksain buat pake yang paling baru.

    Like

    1. Terima kasih sudah mampir, mas. Umur laptop saya hampir 2 tahun dengan pemakaian tidak wajar. Kadang seminggu lebih tidak pernah dimatiin. Sekarang masih baik-baik aja. Kadang saya paksain buat maen game berat sampe panas. Hehhe…

      Btw, terima kasih tipsnya. Khusus tips nomer dua, saya jarang mencopot baterai ketika dipakai lama. Mending saya harus ganti baterai daripada ganti komponen yang lain. Soalnya saya sering pergi ke daerah dengan tegangan listrik yang tidak stabil yang justru akan merusak komponen jika baterai tidak terpasang.

      Like

    1. Laptop ini memang keren, gan. Tapi mending agan cari laptop keluaran terbaru aja. Soalnya spesifikasi untuk komponen lain seperti prosesor, RAM dll juga relatif sudah ketinggalan jaman. Lihat aja prosesornya aja masih intel generasi ketiga. Sekarang udah jamannya intel generasi kelima, atau paling banter udah pakai intel generasi empat.

      Like

  8. Ada rekomen buat ane gan?
    *klo bisa asus gan, i5 aja cukup :).

    Semakin baru procie akan semakin bagus, tp ada hal yg hrus digaris bawahi bahwa intel mengejar procie ulv pada seri ivy, haswell, dan broadwell, dan dari beberapa review yang ane baca, penurunan tdp(daya) procie, akan sangat mempengaruhi procie itu sendiri.
    Dan intel seri M(mobile/sandy) sangat relevan/nyaman terhadap daya maksimal(tdp) 35w untuk menjalan procie yang dikawalnya, itu sih pertimbangan ane mencari procie sandy(m)
    #Cmiiw

    #sekedar saran aja gan, upgrade procie agan jadi 3230m aja, socket/chipset dan tdp semua sama tgl pnp 🙂

    Like

    1. Betul, gan.

      Maaf koreksi sedikit, untuk proc, laptop Asus N46VZ memakai proc generasi 3 (Ivy bridge), sandy bridge itu untuk proc intel i series generasi kedua.

      Sebenarnya untuk proc i series, intel lebih fokus untuk mengejar ULV (TDP rendah) di proc generasi kelima. Di generasi kelima ini, hampir seluruhnya memakai prosesor dengan akhiran U (ULV). Generasi keempat dan sebelumnya lebih variatif, walaupun masih ada proc yang berakhiran U.

      Memang TDP dan performa itu akan selalu berbanding terbalik. Dengan TDP yang rendah, performa proc akan relatif turun. Tapi yang harus diingat juga, untuk proc pada generasi terbaru, intel membenamkan beberapa teknologi bus dan set instruksi yang lebih baru yang mampu meningkatkan efisiensi kerja pada prosesor. Teknologi itu memungkinkan kinerja proc lebih baik sekalipun memiliki TDP rendah. Patut diingat juga bahwa TDP rendah berarti memiliki pemakaian daya yang rendah dan prosesor relatif tidak cepat panas. Dengan TDP rendah, proc akan lebih stabil dalam menjalankan aktivitasnya.

      Jujur, dengan desain laptop yang ada saat ini, proc dengan TDP rendah mutlak dibutuhkan. Hal ini karena pada laptop yang relatif tipis, sirkulasi udara dan sistem pendinginan akan relatif lebih jelek dibandingkan dengan laptop yang memiliki body tebal. Itu lah kenapa, laptop gaming dengan proc HQ/MQ/XM relatif memiliki body yang tebal. Hal ini dipengaruhi oleh tambahan sistem pendingin dan sirkulasi udara yang lebih baik. Secara, proc HQ/MQ/XM relatif memiliki TDP tinggi, yang artinya proc tersebut relatif cepat panas. CMIIW gan.

      Untuk rekomendasi laptop Asus, memang kebanyakan memakai prosesor generasi empat/lima dengan akhiran U (ULV atau TPD rendah). Seperti yang ane sebutin di atas tadi. Kalau di lihat dari boosting clocknya juga jarang ada yang lebih dari 3,0 GHz. Benchmarknya juga proc i5 di laptop sekarang masih di bawah i5-3210M. Paling benchmark yang paling mendekati itu laptop yang pake i5-5200U, gan. Beda tipis ma i5-3210M, tapi TDP nya lebih rendah, performa dijamin lebih efisien dan tidak mudah panas. GPU nya mungkin pake yang mainstream, GT840M atau GT820M. Sudah banyak dijual dipasaran tuh, gan. Silahkan dipilih-pilih, gan.

      Like

  9. dengan harga dibawah 10 juta Asus N46VZ dengan spek Intel i5-3210M dengan clock 2.5GHz, 4 Gb DDR3 RAM, kapasitas hardisk 750 Gb dengan kecepatan 7200 RPM, termasuk jenis laptop yang recomended

    Liked by 1 person

  10. Gan, klo ane beli laptop merk Fujitsu LifeBook AH544V-4210M dengan spesifikasi : Intel Core i5-4210M-2.6Ghz Turbo 3.2Ghz, RAM 4GB, HDD 750GB, DVD/RW, VGA nVidia GT720M-2GB, Sreen 15.6″, Dos.
    gimana menurut agan klo untuk desain, multimedia ama gaming???
    gak ada masalah kan ,gan???

    Like

    1. Kalo ngeliat prosesornya, segitu mah udah powerfull, gan. Tapi kalo ngelihat VGA nya, GT720M paling cuma bisa menjalankan beberapa game berat dengan settingan low. Kalo dilihat dari digit kedua (angka 20 pada GT720M), menandakan bahwa VGA ini ada di kelas paling buncit. Untuk multimedia seperti mendengar musik dan menonton video, VGA ini sudah cukup. Tapi kalo untuk desain, sepertinya kinerjanya akan diambil alih oleh prosesor. Untuk menjalankan pekerjaan desain yang tidak terlalu rumit dengan menggunakan coreldraw, photoshop atau autocad, laptop ini masih bisa menghandle. Tapi kalo udah semakin rumit, kinerja laptop akan semakin berat.

      Begitu penjelasan ane sejauh yang ane tahu. CMIIW gan….

      Like

      1. tergantung agan, maunya maen game macem kaya gimana.

        Pada dasarnya, semua laptop itu bukan dirancang untuk gaming, kecuali kalo laptop yang khusus gaming. Tapi kalo ngegame cuma untuk selingan doang, ga masalah sih. GT720M juga udah cukup. Tapi mungkin untuk game-game berat terbaru kaya Assassins Creed Unity, COD, Crysis, dan semacemnya, kayanya kurang mampu.

        Like

  11. wah punyaku dah ktinggalan banget kayaknya.. masih A42 series.. 5 th pemakaian service n d bersihin baru 1x tupun juga bersihin kipas yg gak muter. sedangkan pemakaian sering d pakai crysis 2, C n C 3 n beberapa game laen. ni pengen ganti belum ckup tabungan. moga dapet segera upgrade ma yg baru.Aaamiin..

    Like

  12. Gan laptop asus series n46vz masih worthed ka untuk di beli? Rencananya sih buat aktifitas gaming setelah liat spek nya bagus buat buat.game berat ya?, menurut agan asus n46vz intel i5 masih dijual kah yang barang baru? Kalau masih ada yang harganya mungkin berapa gan?

    Like

    1. Kalo dari kualitas, sepertinya masih worthed. Untuk gaming juga oke. Untuk game-game keluaran lama seperti Assassins Creed IV, Call of Duty Black ops II, dll. masih bisa dijalankan dengan mulus. Tapi game-game berat keluaran baru seperti Assassins Creed Unity, Thief, dll. kayanya kurang mampu. Soalnya kemaren ane coba jalanin Assassins Creed Unity, frame ratenya rendah banget.

      Kalo untuk seri Asus N dengan grafik oke, cuma N46VZ yang harganya masih di bawah 10 jutaan. Tapi sayang, sekarang kayanya udah mulai susah dicari. Untuk seri N terbaru, spec-nya emang jauh lebih gahar dengan prosesor dan grafik generasi terbaru. Tapi harganya di atas 10 jutaan.

      Like

  13. Gan, klo misalnya spek laptop ane begini mantap gak buat main game??
    ASUS X550DP-WX181D
    AMD QuadCore A8 5550M-2.1Ghz Turbo 3.1Ghz, RAM 2GB, HDD 500GB, VGA Dual AMD RADEON HD8550G + HD8670-2GB, Screen 15.6″

    Like

    1. Emang laptop ini bukan didisain buat gaming, gan. Kalo mau ngegame pake laptop non-gaming, mending yang sekedarnya aja, ga usah lama-lama. Hehehe…. Laptop ane juga gitu gan kalo pake game berat. Kalo ane ga salah, laptop standar mempunyai desain system cooling yang terbatas. Walaupun didukung dengan perangkat yang hemat daya dengan TDP rendah, kalo tu panas tidak tersalurkan dengan lancar, tetep aja lama-lama panas, gan. Apalagi kalo pas maen game, si perangkat di dalamnya dijalankan dengan kerja maksimal. Pesen ane, kalo mau main game dengan spec laptop segitu, mending maenin game2 yang ringan aja. hehehhehe….

      Btw, Ane kurang begitu paham sih dengan proc AMD dan VGA Radeon. Nanti ane coba browsing dulu info terkait proc ini biar jawabannya tambah berbobot.

      Like

      1. Kalo AMD dengan Intel masih bagusan Intel om, dan juga AMD itu cepat panas sama seperti ati cepat panas juga jika dibanding dengan nvidia… Memang secara kinerja lebih cepetan AMD tapi hanya untuk satu atau dua program saja kalo sudah lebih tah cepet panas, apa lagi di tambah dgn vga ati.. Dr segi harga memang lebih terjangkau untuk Asus dgn AMD a8 + vga ati tapi kalo di banding dengan Asus core i3 + nvidia masih agak mahalan dan bagusan yg ini… Kalo boleh tau mas yg punya WordPress ini kerja di tambang ya soalnya ada program surpac nya,, hehe

        Like

  14. Mampir Mas..

    bagus Mas Laptop nya…desain nya Elegan ya mas..
    Saya baru kehilangan Laptop saya mas…( Rampok !! )
    ASUS saya hilang..jadi ada niat saya buat Beli lagi…
    dari segala Review saya prihal ASUS smua tertuju Pada ASUS ROG GL552JX dengan kisaran harga yang luamayan buat saya bentrok dengan calon istri saya Rp. 12.550.000.
    Kebutuhan saya memank tidak murni Game..
    kebutuhan saya bisa di bilank balance..
    Game Oke
    Office Oke
    Multimedia Oke

    tapi memank game lebih saya perhatikan krna mnurut saya,,,jika Laptop itu mampu memain kan game berat..otomatis smua akan ngikut.,..kinerja Office juga lebih baik.. juga untuk Multimedia..seperti Home Studio Audio Editing ato Editing Video…maka nya saya pilih Laptop Seri ROG..

    walau saya masi mencar solusi apakah saya harus membeli Laptop dengan kisaran harga segitu…apakah tidak ada yang di bawah 12 jt tapi mampu sperti ROG.

    Mohon masukan nya Mas Bro..
    Jika di Post dan di Balas Komentar saya ini..

    Saya Doakan Rezeki anda lancar jaya…
    hahahha

    salam hangan dari Orang Batak
    HORAS !!

    Like

    1. Terima kasih udah mampir, dan doanya ane aminkan ya gan… hehehe….

      Jika memang mau ngikut standar untuk gaming, ya lebih baik pake laptop gaming, salah satunya ROG dari Asus. Laptop dengan prosesor dan grafik bagus dan harga yang lebih murah dari ROG emang banyak, gan. Tapi performa grafiknya bakal jauh lebih rendah dari yang disediakan oleh ROG.

      Satu hal yang paling penting, laptop yang dibuat khusus gaming mempunyai bentuk cangkang yang besar, alasannya komponen komputer untuk gaming yang menyediakan performa tinggi akan relatif lebih besar dan lebih cepat panas. Cangkang yang besar menyediakan ruang untuk komponen sekaligus ruang untuk mengoptimalkan sistem pendingin agar laptop tidak cepat panas. Dengan begitu, agan bisa leluasa maen game berat dengan waktu yang lama.

      Laptop high-end non-gaming sebenernya bisa menjalankan game berat, asalkan memiliki prosesor dan grafik yang mumpuni. Dan banyak pilihan laptop seperti ini dengan harga yang miring. Itu pilihan jika agan tidak berniat untuk ngegame lama-lama. Kalo lama-lama, bisa-bisa laptop agan akan cepat jebol, gan. hehehe….

      Salam dari orang Indramayu, hehehe….
      HORAS!

      Like

  15. laptop asus memang jagonya laptop, apalagi jika merujuk pada laptop-laptop game terbaik dan terberat, tentunya asus rog varian yang paing jago bahkan menurut tes benchmark laptop alien juga kalah spek sekarang

    Like

Leave a comment