Spesifikasi Laptop untuk AutoCAD 2015

Autocad merupakan sebuah aplikasi desain yang mampu membuat pemodelan berupa 2D dan 3D yang banyak dipakai oleh para engineer. Untuk keperluan engineering, AutoCAD banyak digunakan sebagai aplikasi pendukung diberbagai bidang desain seperti arsitektur, bangungan, infrastruktur, pertambangan, dan sebagainya.AutoCad-logo

Sebuah desain engineering biasanya membutuhkan tingkat akurasi dan presisi yang tinggi sehingga hanya tipe-tipe laptop tertentu yang bisa dipakai untuk menjalankan aplikasi Autocad tersebut.

Spesifikasi Khusus Untuk Menjalankan Aplikasi CAD

Memilih laptop untuk Autocad harus tahu lebih dulu tujuan penggunaannya, apakah untuk membuat desain 2D atau 3D? apakah data yang akan diolah mempunyai volume data yang besar dan detail? Apakah desain yang akan dibuat membutuhkan tingkat presisi yang tinggi? Hal-hal di atas sangat mempengaruhi dalam pemilihan spesifikasi laptop yang akan dipilih, terutama dalam menentukan prosesor dan kartu grafik.

Laptop yang didesain khusus untuk menjalankan desain grafis disebut sebagai workstation. Berdasarkan namanya, laptop ini memang didisain untuk kebutuhan pekerjaan khusus, jadi tidak sama seperti laptop standar (consumer) yang hanya dipergunakan untuk kegiatan sehari-hari.

  • Processor

    Pada informasi yang ditulis dalam halaman resmi Audesk, untuk menjalankan Autocad LT (untuk 2D) dengan data dan detil yang relatif sederhana dibutuhkan prosesor yang relatif lebih rendah jika dibandingkan untuk menjalankan Autocad 3D.

    CPU

    Prosesor

    Spesifikasi minimun prosesor yang harus terpenuhi dalam menjalankan Autocad adalah:

    – Minimun Set Instruction : 32-bit dengan Extention: SSE2. Golongan prosesor keluaran saat ini pada umumnya sudah memakai set instruction 64-bit sehingga memiliki kemampuan yang lebih cepat jika dibandingkan dengan yang 32-bit dan sudah mendukung ekstensi SSE4.1/4.2 bahkan AVX. (Baca tentang Intel ® Core™ i-series).

    Memiliki system clock minimal 3,0 GHz. Untuk prosesor i3 atau generasi sebelum seri-i, nilai system clock 3,0 GHz menjadi angka yang mutlak harus dipenuhi. Namun untuk system clock pada prosesor i5 dan i7 hanya membutuhkan clock dasar 2,5 GHz dengan kemampuan power boorst di atas 3.0.

    Kompatibel pada prosesor minimun Intel® Pentium® 4 atau AMD Athlon™ Dual Core. Namun berdasarkan tipe laptop yang telah memiliki sertifikat layak pakai oleh AutoCAD, semua laptop yang telah lulus uji kelayakan rata-rata merupakan  Intel ® Core™ dengan spesifikasi minimal Intel ® Core™ i5 4300U (Lihat Hardware Autocad).

  • Graphic Card

    Untuk hal ini, banyak yang terjebak dengan pandangan bahwa grafik yang bagus untuk bermain game berat sudah pasti bagus juga jika digunakan untuk rendering dalam pemodelan pada aplikasi AutoCAD. Beberapa alasan kenapa kita sebaiknya memilih grafik khusus untuk workstation (Nvidia Quadro/AMD FirePro) dibandingkan dengan grafik gaming (Nvidia GeForce/AMD ATI Radeon):

    – Optimalisasi Kerja khusus CAD. Berdasarkan yang saya baca dari forum-forum, aplikasi CAD seperti AutoCAD  memang bisa dijalankan tanpa kartu grafik khusus workstation (Baca: Menjalankan Autocad dengan Laptop Standar). Namun berdasarkan perhitungan performanya, dalam menjalankan aplikasi CAD, ternyata grafik tersebut tidak berjalan optimal/tidak berjalan sama sekali. Maka terpaksa tugas rendering digantikan oleh prosesor. Itu lah kenapa kerja komputer akan semakin melambat jika data yang akan diolah semakin banyak dan kompleks. Namun jika data yang diolah hanya 2D, cukup sederhana dan sedikit, Nvidia GeForce kelas menengah (minimal Nvidia GTX660M) bisa dijadikan sebagai alternatif.

    – Desain Engineer membutuhkan Akurasi & Presisi, Gaming hanya butuh kecepatan. Pada beberapa benchmark yang telah saya baca, rating pada grafik khusus workstation (Quadro/FirePro) memang jauh di bawah grafik yang diperuntukan untuk gaming (GeForce/ATI). Jika pertimbangannya adalah kecepatan, maka iya, grafik khusus workstation memang kalah jauh dengan gaming. Tapi kebutuhan membuat desain pada CAD tidak hanya cepat, namun juga harus presisi. Jika seorang desainer ingin membuat desain yang tiap detilnya akurat dan presisi, maka Quadro/FirePro lah jawabannya. Namun jika akurasi & presisi dianggap tidak penting, maka grafik GeForce/ATI boleh jadi pilihan.

  • Spesifikasi Lain

    Kebutuhan minimun RAM yang dibutuhkan untuk menjalankan Autocad LT (2D) adalah 2 Gb, namun untuk Autocad 3D, RAM minimun yang harus terpasang minimal 8 Gb. Sedangkan untuk proses instalasi, Autocad membutuhkan space 6 Gb dengan tambahan 6 Gb yang harus dikosongkan pada saat menjalankan aplikasi.

Untuk mengetahui tipe laptop workstation yang sesuai untuk menjalankan Autocad 2015, silahkan membaca artikel saya yang lain: Tipe Laptop yang Bersertifikat Khusus Autocad.

Advertisements

5 thoughts on “Spesifikasi Laptop untuk AutoCAD 2015

  1. gan, antara asus A455LF-WX039D (i5 5200 U – GeForce GT930M – RAM 4Gb) sama asus A455LN-WX031D (i5 5200 U – GeForce GT840M – RAM 4Gb) mana yang lebih bagus buat autocad, inventor, solidworks versi yang baru gan? mohon pencerahan, makasih

    Like

    • Ane ga yakin gan dengan VGA selain untuk workstation semacem Nvidia Quadro atau Ati Firepro kalo untuk kinerja desain grafis. Tapi kalo untuk menjalankan aplikasi desain semacem autocad dan semacemnya, ane saranin pake versi yang lebih lama aja (lebih tua dari 2010). Kalo kerjaannya ga terlalu detail dan data ga terlalu sedikit, aplikasi itu masih aman.

      Tapi alternatif lain (karena laptop workstation sangat mahal dengan harga di atas 20jutaan), mending pake laptop Asus yang multimedia atau ROG (harganya di atas 10jutaan) dengan grafik Nvidia kelas menengah – atas minimal GTX950M.

      Like

  2. Salam sejahtera,
    pertanyaan saya laptop yang mana memenuhi spec supaya saya dapat install pada satu laptop sahaja. Software yang saya akan guna; autocad, solidwork, ansys. harap dapat membantu saya. Terima kasih.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s